Berita Travel - Jelajah Air Terjun Sekar Langit, Tempat Jaka Tarub Bertemu Bidadari

Jelajah Air Terjun Sekar Langit, Tempat Jaka Tarub Bertemu Bidadari 

berita travel

Berita Travel -  Jaka Tarub serta tujuh bidadari sekarang ini memang jadi satu cerita legenda yang berada di Indonesia. Kisahnya bahkan juga seringkali tampil di monitor kaca nusantara.

Akan tetapi ada satu tempat di Kabupaten Magelang yang konon jadi tempat terjadinya cerita Legenda Jaka Tarub serta tujuh bidadari. Tempat itu yaitu Air Terjun Sekar Langit yang ada di Kecamatan Grabag, Magelang, JawaTengah.

Air terjun ini berada di lokasi perbukitan samping utara Gunung Merbabu serta Gunung Andong. Jarak tempuh dari Kota Magelang ialah seputar 24 km. dengan waktu tempuh kurang-lebih 40 menit.


BACA JUGA : Cinta WN Inggris Polly Vs Pria Magelang Berawal dari Pantai Bali


Rute ke arah Air Terjun Sekar Langit ialah melalui pusat Kecamatan Grabag lalu bersambung mengarah timur lewat Jalan Sunan Geseng. Nanti ruang parkir air terjun ada di tepi jalan itu.

Legenda Jaka Tarub dan Bidadari 

INICAPSA.ORG - Diceritakan saat Jaka Tarub tengah berburu di dalam rimba, tidak diduga terdengar nada tawa wanita. Dia juga mencari sumber nada itu serta nyatanya aslinya adalah dari tujuh bidadari yang tengah mandi.

Jaka Tarub lalu ambil salah satunya selendang punya bidadari dengan diam-diam. Saat mereka tuntas mandi, masing-masing bidadari lalu kembali kenakan selendangnya lantas terbang kembali pada kayangan.

Namun salah satunya bidadari bernama Nawang Wulan tidak dapat terbang ke khayangan tanpa selendangnya yang dicuri. Diceritakan pada akhirnya dia jadi istri Jaka Tarub.

Pertapaan Jaka Tingkir di Air Terjun Sekar Langit 

berita travel

Cerita berikut yang makin meningkatkan daya tarik di Air Terjun Sekar Langit. Sebetulnya masih ada lain tempat dengan legenda yang sama, seperti Sendang Kahuripan Widodaren di Ngawi.

Kesejukan Air Terjun Sekar Langit 

Untuk sampai tempat air terjun, mesti dikerjakan jalan kaki seputar 5-10 menit dari ruang parkir serta pos retribusi. Ticket masuk Air Terjun Sekar Langit ikut cukuplah dapat dijangkau, yaitu Rp 6.000.

Selama perjalanan, nada saluran air sungai telah mulai terdengar diantara pohon-pohon. Rute ke arah air terjun juga nyaman untuk dilalui. Tidak ada tanjakan atau kemiringan yang terjal untuk ditapaki.

Bila telah tiba jembatan, jadi titik air terjun telah tidak kembali jauh. Jembatan itu ada diatas sungai yang bersumber dari Air Terjun Sekar Langit. Beberapa mtr. lalu, perjalanan tiba di tujuan.

Satu air terjun dengan dua tingkat akan langsung menyongsong pengunjung demikian sampai. Saluran air terjun tidak demikian deras hingga kolam di bawahnya dapat dipakai untuk bermain air

Diluar itu, hawa di Air Terjun Sekar Langit ikut demikian sejuk sebab ada di lokasi perbukitan serta terdapat tidak jauh dari Gunung Merbabu dan Andong. Suasananya juga demikian teduh sebab banyak pohon-pohon di seputar air terjun.


BACA JUGA : Indahnya Sabana dan Dataran Tinggi Dieng dari Gunung Prau


Mandi di air terjun ini diakui menyehatkan. Juru Kunci Air Terjun Sekar Langit, Yitno menjelaskan, beberapa petinggi pada masa kolonial Belanda dahulu seringkali mandi di air terjun ini saat sore hari.

Suhu Air Terjun Sekar Langit yang tidaklah terlalu panas serta tidaklah terlalu dingin dipercaya dapat memperlancar saluran darah.

Diluar itu di samping air terjun ada tempat pertapaan Jaka Tarub. Pertapaan itu masih tetap dikeramatkan sebab masih tetap ada perlengkapan ritual seperti dupa serta bunga disana.

Ketentuan buat pengunjung Air Terjun Sekar langit ikut masih tetap sama dengan biasanya, yaitu tidak buang sampah asal-asalan. Akan tetapi di sini, sebaiknya wisatawan dapat mengawasi tingkah serta bicaranya.
Share:

No comments:

Post a Comment

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages