Berita Travel - Indahnya Sabana dan Dataran Tinggi Dieng dari Gunung Prau

Indahnya Sabana dan Dataran Tinggi Dieng dari Gunung Prau

berita travel

Berita Travel - Gunung Prau di Jawa Tengah memang jadi salah satunya arah favorite beberapa pendaki. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya banyak pendaki yang menjejaki gunung setinggi 2.565 mtr. diatas permukaan laut (mdpl) ini setiap hari libur. 

Jumlahnya pendaki yang mendaki Gunung Prau karena pemandangan keindahan alam disana demikian menarik. Salah satunya pemandangan sangat indah ialah Gunung Sindoro serta Sumbing yang terlihat jelas dari ruang berkemah.

Inicapsa.info - Bila cuaca cerah, tidak cuma Sindoro-Sumbing saja yang terlihat. Di kaki langit samping timur, Gunung Merapi serta Merbabu seakan tidak ingin tertinggal percantik pemandangan dari ruang berkemah ini.

Matahari keluar ikut jadi salah satu hal yang ditunggu beberapa pendaki Gunung Prau di ruang berkemah. Saat fajar menjelang terbitnya matahari pagi, mereka telah siap-siap di beberapa spot untuk melihat peristiwa munculnya Sang Surya.

Hamparan sabana Gunung Prau 

Beberapa keindahan yang tersaji di ruang berkemah seakan jadi simbol Gunung Prau. Foto-foto mengenai Gunung Prau yang bersebaran di sosial media umumnya menampilkan pemandangan ciri khas itu.

Akan tetapi nyatanya keindahan Gunung Prau bukan sekedar tersaji di ruang berkemah saja. Lokasi Gunung Prau yang lain ikut menyediakan keindahan panorama alam yang tidak kalah memesona.

Salah satunya keindahan yang dapat diketemukan ada disamping utara ruang berkemah. Ruang itu ikut adalah jalan pendakian Gunung Prau lewat Dieng serta Kalilembu. Begitu melalui jalan itu, padang rumput hijau yang beri kesegaran mata akan langsung menyongsong.

berita travel

Padang Sabana di Gunung Prau yang melalui jalan pendakian lewat Dieng atau Kalilembu.

Bukit-bukit pendek dengan rerumputan hijau juga jadi penghias sabana hijau Gunung Prau ini yang dinamakan Bukit Teletubbies. Ada dua jalan setapak di sini, yaitu lewat tengah padang sabana atau melalui bukit.

Bila ingin lebih senang nikmati keindahan sabana, jadi ambil jalan setapak di tengah-tengahnya adalah pilihan yang pas. Padang sabana Gunung Prau ada diantara bukit-bukit kecil hingga panoramanya tampak lebih menarik.

Keindahan Dataran Tinggi Dieng dari atas 

Ambil jalan setapak yang melalui bukit awalannya memang melelahkan sebab mesti melalui beberapa tanjakan untuk sampai puncaknya. Akan tetapi demikian sampai atas, jadi perjuangan melalui tanjakan akan terbayar selesai.

Dari atas bukit, panorama terbuka mengarah barat tampak demikian indah. Tersaji di depan mata hamparan Dataran Tinggi Dieng yang demikian memesona dengan dikelilingi perbukitan sekelilingnya.

Salah satunya tujuan wisata di Dataran Tinggi Dieng yang sangat tampak dari ketinggian ialah Telaga Warna. Telaga itu betul-betul tampak mempunyai warna berlainan. Telaga samping kanan berwarna lebih cerah dibanding telaga samping kiri.

Bangunan seperti rumah serta masjid terlihat demikian kecil seperti mainan. Area persawahan serta perkebunan juga tampak seperti permadani atau karpet yang tengah dijemur.

berita travel

Pemandangan semacam itu berpadu dengan awan putih seperti ombak lautan yang berjalan perlahan-lahan selaras embusan angin. Sesaat di kaki langit samping barat, Atap Jawa Tengah yaitu Gunung Slamet setinggi 3.428 mdpl tampak kecil.

Untuk dapat nikmati pemandangan semacam itu, dianjurkan untuk lakukan pendakian Gunung Prau dengan lintas jalan. Perjalanan mendaki dapat dikerjakan lewat jalan Patak Banteng, sesaat perjalanan turun dikerjakan melalui jalan Dieng atau Kalilembu.

Bila turun melalui jalan Dieng, sebelum sampai akan tampak Candi Arjuna dari terlalu jauh. Kembali pada Base Camp Patak Banteng juga gampang sebab ada bus atau ojek yang siap mengantarkan sampai kesana.
Share:

No comments:

Post a Comment

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages