Berita Travel - Leuwi Jurig, Pemandian Alami nan Misterius di Garut

Leuwi Jurig, Pemandian Alami nan Misterius di Garut 

berita travel

Berita Travel - Buat Anda yang menyukai melawan adrenalin serta belum tahu akan berlibur kemana akhir tahun ini, dapat berkunjung ke Leuwi Jurig.

Leuwi Jurig ada di Kampung Rupit, Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Buat Anda yang datang dari Jakarta, Anda dapat ke arah Bandung lewat tol Cileunyi, lalu ke Kota Garut. Dari sana, diperlukan 2-3 jam perjalanan mobil mengarah Bungbulang.

hamparan batu tinggi nan curam. Dibagian bawah ada saluran air tenang berwarna hijau tua, tanda-tanda kedalaman air.

Situasi yang sepi serta udara yang sejuk membuat Leuwi Jurig yang indah begitu tenang serta seperti punya pribadi. Pengunjung dapat ambil beberapa photo yang intagramable disana.

INICAPSA.ORG - Atau bila ingin berenang, Anda dapat menuruni bebatuan yang curam dengan berhati-hati. Airnya begitu jernih serta fresh.

Buat yang dapat berenang, pengunjung langsung bisa loncat untuk berenang di kedalaman air lebih dari 10 mtr.. Demikian badan bersentuhan air, capek saat perjalanan terbayar telah.

Anda akan rasakan segarnya air pedesaan sampai lupa waktu. Akan tetapi, buat yang tidak dapat berenang, Raffi akan merekomendasikan pengunjung berenang di daerah hilir yang kedalaman airnya cuma 1-2 mtr..

Di saluran air sedalam 1-2 mtr. ini juga, ada beberapa batu besar yang dapat jadikan spot untuk berfoto.

berita travel


Makna Leuwi Jurig 

Leuwi Jurig diambil dari bahasa Sunda. Leuwi atau Lubuk bermakna sisi terdalam dari sungai. Leuwi dapat bermakna juga cekungan (dalam) di basic sungai.

Saluran air leuwi umumnya tenang bahkan juga tampak tidak berjalan. Akan tetapi kadang-kadang, berlangsung arus kuat dibagian basic. Sedang jurig berarti setan atau hantu.

“Disebut Leuwi Jurig sebab banyak berlangsung kecelakaan,” tutur Raffi pada Kompas.com baru saja ini.

Kecelakaan yang sangat dia ingat berlangsung 2014 kemarin. Waktu itu, satu motor kecelakaan di jembatan yang ada persis diatas leuwi dan meninggal.

Leuwi Jurig ada di Kampung Rupit, Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di sini pengunjung dapat berenang di kedalaman air lebih dari10 mtr. dengan panorama yang indah.

berita travel

Dipandang dari kontur jalan yang alami penurunan, jembatan diatas leuwi itu memang riskan kecelakaan. Beberapa kecelakaan disebabkan manfaat rem yang tidak berperan baik.

Kecelakaan lainnya berlangsung pada pengunjung yang berenang. Sebagian orang yang tidak dapat berenang nekat berenang di air kedalaman lebih dari 10 mtr. ini sampai terbenam.

Ada juga beberapa pantangan yang tidak bisa dilanggar. Terpenting bicara sompral atau seenaknya.

“Tong nyarios sompral di dieu (janganlah bicara sompral di sini), banyak yang celaka,” katanya.

Buat Anda yang kebetulan liburan di sini, ada banyak obyek wisata di daerah selatan Garut itu, diantaranya Leuwi Korsi serta Pantai Ranca Buaya.

Penginapan juga gampang didapati, baik hotel ataupun perumahan masyarakat. Selamat liburan!
Share:

No comments:

Post a Comment

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Pages