Berita Travel - Panduan Berlibur Dengan Cost Yang Irit Mesti Dicoba

berita travel terbaru

Berita Travel - Berlibur pasti hak kebanyakan orang ya, termasuk juga kamu yang notabene #sahabattravelcapsa. Walau upah pas pasan atau masih tetap kuliah juga, kamu memiliki hak lho berlibur. Termasuk juga berlibur ke luar negeri sekalipun. Janganlah cemas, jika kamu tahu triknya tentu bisa kok. Sayang terkadang kamu sudah pesimis duluan dan sangat ‘malas’ ambil kemungkinan. Upah pas-pasan buat sebulan jadi fakta kamu harus mengubur mimpi kamu berlibur ke luar negeri. 

Jika sudah begitu, pada akhirnya hanya dapat ngiri deh lihat teman-temanmu pamer photo berlibur di Instagram. Bukan, bukan mengarahkan untuk pamer sich. Tetapi agar kamu bisa jadi lebih percaya diri juga kalau kamu dapat traveling ke luar negeri dan miliki paspor. Masa sich tidak ingin instastory dengan latar belakang boarding pass? Hehehe. 

Nah, ketimbang kamu sedih serta manyun, yuk bulatkan kemauan tahun kedepan berlibur ke luar negeri. Jika masih tetap bingung, nih TravelCapsa bikinin panduannya. 

1. Oke, upah kamu anggap saja 2,5 juta rupiah per bulan. Pertama, kamu harus membagi pengeluaran kamu jadi 5 sisi, termasuk juga untuk berlibur 

Ahli keuangan asal Hongkong, Li Kha Sing, mengajari buat membagi keuangan dalam 5 sisi. 
-Untuk kehidupan keseharian 30 persen
-keperluan sosial serta persahabatan 20 persen 
-keperluan pendidikan 15 persen
-wisata atau berlibur 10 persen 
-investasi 25 persen. 

Jadi dalam masalah upah 2,5 juta, keperluan keseharian sebesar 750 ribu, sosial 500 ribu, pendidikan 375 ribu, berlibur 250 ribu, serta investasi 625 ribu. Mengambil serta memakai 250 ribu dikalikan 12 bulan yaitu 3 juta rupiah. Cukuplah tidak tuch buat berlibur ke luar negeri? 

2. Jika belumlah cukup kurangi cost investasi. Mengambil 100 ribu setiap bulan untuk ticket pesawat. Anggaplah ticket pesawat menjadi investasi ya 

Menjadi catatan dana investasi ini dapat berbagai macam dan kamu harus punya alokasi walau gajimu dikit. Investasi ini ada banyak jenis, dapat tabungan, beli emas, beli ternak, turut program investasi di perbankan, termasuk juga pula saham. Yang pasti berinvestasilah sesuai dengan potensi serta keperluan kamu. Kurangilah uang tertidur di bank. Putarkan uangmu dan nikmati hasilnya kelak di masa datang. Mengambil 100 ribu dari biaya investasi setiap bulan serta alihkan ke ticket pesawat. Keseluruhan ada 1,2 juta. 

3. Mencari ticket pesawat promosi ke ASEAN ya. Jika tidak dapat bisa yang 500 ribu PP, bisa 800 ribu PP sudah sukur deh 

Mencari ticket liburan ke ASEAN seperti Singapura, Malaysia, Thailand atau Vietnam, terserah mana yang kamu tuju. Ikuti program promosi dari maskapai jika dapat promosi free seat. Tentu bisa ticket PP kurang dari sejuta. Oke kira saja 800 ribu ya. Masih tetap ada seputar 400 ribu untuk modal membuat paspor. Paspor anggap saja juga investasi. Hehehe. Membuat paspor hanya 355 ribu rupiah. 

4. Mempunyai tabungan yang akan kamu isi jika kamu lakukan kekeliruan atau dosa. Janji pada diri sendiri, jika saya salah saya terkena denda 20 ribu dan dimasukkan ke celengan 

Bikinlah celengan dengan tulisan ‘THAILAND 2019’ atau ‘NEPAL 2019’ dan isilah dengan uang 20 ribuan. Manusia tidak sempat lepas dari dosa ‘kan? Nah bila kamu lakukan kekeliruan atau menurutmu dosa, masukan uang 20 ribu di celengan. Dengan demikian, walaupun kamu salah, kamu miliki penambahan biaya untuk berlibur. Bila satu bulan lakukan 5 kekeliruan saja telah menghimpun 100 ribu, satu tahun jadi 1,2 juta. Pakai untuk pesan kamar hotel (backpacker saja yang murah) untuk 4-5 malam. 

5. Masih tetap ada peluang kembali dari uang THR tiap-tiap tahunnya. Pakai 40 persen THR untuk penambahan berlibur 

Jika upah kamu 2,5 juta berarti kamu dapat THR dengan jumlah sama. Pakai 40 persen atau 1 juta untuk penambahan uang berlibur. Sisanya pakai untuk keperluan kamu serta share dengan saudara pada hari raya. Cukup ‘kan keseluruhan ada 4 juta rupiah untuk berlibur. Hehehe. 

6. Datanglah waktu low season agar cost berlibur kamu tambah murah 

Jangan sesekali hadir pas ramai turis, pilih low season hingga kamu dapat nikmati perjalanan kamu. Bila hadir pada saat low season, harga-harga di obyek wisata jadi murah. Kamu juga dapat dengan bebas foto-foto sebab tidak banyak turis hadir. 

7. Tidak perlu hiraukan beberapa orang dengan membelikan oleh-oleh. Ingat, kamu dapat ke luar negeri saja butuh berhemat banget 

Biaya berlibur kamu harus cukup untuk makan, transport serta masuk ke obyek wisata. Dengan uang 4 juta, berlibur satu minggu ke Singapura, Malaysia serta Thailand juga kelihatannya dapat. Penginapan telah dibooking online, pesawat juga sudah dibeli. Jadi tidak perlu cemas duitnya nggak cukuplah. Bahkan juga beli oleh-oleh buat orangtua pun cukuplah. Tidak perlu pikirin orang yang lain, teman kerja atau teman di Instagram yang tidak diduga DM meminta oleh-oleh. 

Jadi keseluruhan biaya yang kamu kumpulkan dalam satu tahun barusan sekitar 6,4 juta dalam satu tahun nabung. Bisa beli ticket, booking hotel serta berlibur selama satu minggu. Tampak logis kan? Akan tetapi menabung lewat cara semacam ini memang cukup repot dan tidak kebanyakan orang ingin mengerjakannya. Tetapi jika kamu memang punya niat ke luar negeri, perlihatkan dong tekad serta kemauan kamu. Oke, semangat ya! 


Share:

No comments:

Post a Comment

Labels

Recent Posts

Pages