Ini Dia Adat Istiadat Yang Bakalan Kamu Temui di Negara Jepang


Travelcapsa akan memberikan liputan khusus destinasi tamasya populer di Indonesia. Kami menamainya Reportase Tamasya. Tiap-tiap bulannya kami akan mengupas satu destinasi yang sering kali jadi hasrat para traveler. Tidak hanya destinasinya saja, kami juga akan membahas sudut pandang dan cerita-cerita lain perihal destinasi hal yang demikian yang tidak pernah ternarasikan sebelumnya.

Mumpung di Jepang lagi musim sakura, kali ini Travelcapsa bakal mengulas perihal Jepang. Di tulisan kali ini, kita berkeinginan bahas 10 adat istiadat atau hal unik yang dapat kau dapatkan dan saksikan sendiri di Jepang. Dapat nih ditiru di Indonesia.

Jepang memang negara yang istimewa. Banyak adat istiadat Jepang yang positif sekalian unik yang susah kau dapatkan di Indonesia. Tradisi disiplin, ramah, sekalian workaholic seolah jadi identitas warga Jepang. Etos kerja orang Jepang juga dapat jadi model bagus buat kita seluruh, ya padahal sebagian emang keterlaluan sih kerja mereka.

Nah, ketika berkunjung ke Jepang, Travelcapsa akan mencoba untuk mempelajari hal-hal positif yang kami temui di sana. Kami rangkum dalam 10 hal unik dan positif yang hanya dapat kau temukan di negeri Sakura. Yuk simak review Reportase Tamasya edisi Tokyo kali ini.

1. Segala orang senantiasa dengan gampang mengungkapkan arigato gozaimasta dan menundukkan kepala. Amat hormat dan menghargai orang lain

Ketika berkunjung ke Tokyo di mana banyak orang sibuk dengan urusannya masing-masing, cukup mengherankan seandainya mereka masih betul-betul menghormati orang lain. Alangkah mudahnya orang Jepang mengungkapkan terima beri (arigato gozaimasta) dan menundukkan kepala. Mengapa hampir seluruh orang Jepang betul-betul ramah dan bagus hati sih?

2. Kereta dan pesawat sangatlah presisi waktu kedatangan dan keberangkatannya. Terlambat sebagian detik aja meminta maaf ke publik

Untuk keadaan sulit kedisiplinan dan akurasi waktu, Jepang yakni yang terbaik di dunia. Semisal kereta api, seandainya jadwalnya pukul 19.00 berangkat ya pasti berangkat di jam hal yang demikian. Tak akan telat 1 menit malahan. Itu pula pesawat terbang. Walaupun variabel yang bikin pesawat telat ada banyak (misal cuaca, antre take off di airport, kerusakan mesin dst) melainkan maskapai absah Jepang umumnya betul-betul presisi pantas jadwal. Amat takjub dengan fakta ini sih!

3. Prakiraan cuaca yang super cermat. Seandainya prakiraan cuaca hujan ya pasti hujan dan seluruh orang telah bawa payung semenjak pagi harinya

Rumus paling mendasar tinggal di Jepang yakni kau mesti senantiasa membuka prakiraan cuaca. Kau boleh melalaikan prakiraan cuaca di daerah lain. Melainkan seandainya prakiraan cuaca di Jepang, kau mesti percaya sebab cermat 99 %. Kalau prakiraan cuaca mengatakan hujan ya akan hujan. Jadi tiap-tiap orang keluar rumah telah bawa payung seluruh. Nggak ngerti lagi sih, warga Jepang betul-betul teratur pun urusan payung. Seminggu Travelcapsa di Jepang, prakiraan cuaca betul-betul pas dengan realita yang terjadi.

4. Fashion orang Jepang sangatlah modis dan sedap diperhatikan

Untuk urusan fashion malahan orang Jepang betul-betul modis, terutamanya cewek-ceweknya. Di kereta aja orangnya indah-indah dan dandanannya kece. Untuk urusan fashion, emang orang Jepang totalitas sih.

5. Banyaknya vending machine yang jual air minum dan barang-barang lain

Vending machine di Jepang dapat jual bermacam-macam-tipe barang, mulai dari minuman, pakaian, buah, hingga sayur. Vending machine ini dapat kau dapatkan di mana-mana, di ruang publik, stasiun, pun pinggir jalan sekalipun. Amat efisien sumber energi manusia sebab tidak perlu pegawai sama sekali.

6. Orang Jepang punya adat istiadat antre yang betul-betul tertib dan teratur

Ingin antre apa saja, seluruh dapat tertib dan rapi. Kau dapat saksikan ketika antre berkeinginan naik kereta api. Semestinya dapat jadi model sih buat kita orang Indonesia yang sulit banget antre dengan rapi.

7. Toiletnya canggih dan bersih. Malahan di daerah biasa sekalipun

Telah tau ‘kan seandainya kamar kecil di Jepang termasuk canggih dengan beraneka tombol yang bikin pusing. WC di sana punya fitur pembersih otomatis, tinggal pencet udah dapat nyebokin secara otomatis. Oh iya, kau dapat setting supaya dudukan kamar kecil senantiasa terasa hangat lho.

8. Barang kau yang tertinggal tak akan bermigrasi dan tak ada yang mengambil

Di Jepang, nggak usah kuatir seandainya barang kau ketinggalan di stasiun maupun taman. Niscaya barang kau tak akan ada yang mengambil dan konsisten di posisi yang sama. Malahan, misal ada barang kau tertinggal di stasiun, tinggal lapor ke stasiun terdekat. Nanti barang kau bakal didampingi ke stasiun hal yang demikian.

9. Seandainya musim sakura, warga Jepang berkumpul dan bercengkrama dengan saudara atau sahabat-sahabatnya di bawah pohon sakura

Tradisi hanami yakni peristiwa ketika keluarga atau sahabat-sahabat berkumpul dan berbincang santai di bawah pohon sakura yang tengah mekar. Tradisi ini menonjolkan bahwa orang Jepang padahal familiar sibuk namun konsisten melowongkan berkumpul dengan saudara mereka.

10. Saking bersihnya, selokan dapat buat memelihara ikan lho. Ini gokil banget sih

Selokan di Jepang familiar bersih sehingga dapat untuk daerah memelihara ikan koi. Ah andai selokan di Indonesia dapat sebersih ini ya.

Jadi pengen ke Jepang ‘kan?

Share:

No comments:

Post a Comment

Labels

Recent Posts

Pages