Kuliner Tempat Wisata Paling Mantap di Kota Bandung Cocok Untuk di Datangi

wisata kuliner

Artikel Travel - Kota Bandung berlokasi di tempat cekungan yang dikelilingi pegunungan dan berada pada ketinggian 700-1000 meter di atas permukaan laut. Temperatur terendahnya bisa menempuh 23 derajat Celsius, melainkan kadang suhunya dapat naik menjadi 30 derajat Celsius ketika sedang panas. Untuk menuju ke Bandung, Anda dapat memakai kendaraan pribadi atau bermacam macam transportasi biasa, seperti kereta api, pesawat, dan bis.

Kota Bandung ialah salah satu kota liburan andalan di Indonesia. Itulah sebabnya, Bandung senantiasa menyuguhkan konsep daerah wisata terbaik dan unik. Kota Paris van Java ini tak cuma menghadirkan wilayah rekreasi yang menarik, melainkan juga aneka variasi liburan masakan. Mulai dari kuliner tradisional sampai internasional, segala macam liburan masakan tersedia di Bandung. Soal rasa, jangan ditanya lagi, masakan Bandung selalu menawarkan kelezatan yang tidak terlupakan.

Penasaran dengan wangi-wangian dan cita rasa masakan Bandung? Berikut ini tersaji 25 daerah masakan Bandung yang sepatutnya Anda cicipi. Yuk, simak!

1. Sapulidi Lembang

sapulidi lembang

Motto “back to nature” memelopori berdirinya wilayah masakan Sapulidi Lembang. Dengan mengangkat konsep suasana pedesaan di pegunungan, Sapulidi sukses menyita perhatian publik. Hampir tiap-tiap hari, daerah masakan Bandung yang satu ini ramai dikunjungi pelancong dalam negeri dan luar negeri.

Sapulidi Lembang menawarkan gaya baru dalam bersantap. Di sana Anda akan merasakan aneka makanan di saung bambu atau bale. Saung hal yang demikian dibangun di 2 lokasi berbeda. Ada yang didirikan dekat danau, ada juga sebagian yang berlokasi di zona persawahan. Antar saungnya dikaitkan dengan jalan setapak dari bebatuan, dan sepanjang jalan itu terdapat pohon-pohon dan hamparan rumput hijau sehingga sungguh-sungguh terasa natural.

Untuk mengorder makanan, Anda sepatutnya memukul kentong di saung bambu. Cukup dua kali pukul, pelayan akan datang membawakan menu. Segala macam masakan lezat tersedia di Sapulidi. Ramuan nenek sihir, sapulidi punch, dan sate ayam gila, ialah sebagian teladan makanan andalan yang dibanderol dengan harga relatif murah di daerah masakan ini. Kecuali itu, tersedia juga kuliner khas Sunda, Jawa, sampai internasional.

2. Kampung Daun

kampung daun

Berkeinginan merasakan dinner romantis? Kampung Daun menghadirkan resto bertema resto and culture gallery. Dikala malam hari, wilayah liburan masakan Bandung ini akan diterangi lampu dan obor di tepi jalan setapak. Nuansanya tradisional, tenang, nyaman, dan berhawa adem dengan daerah makan didesain dalam wujud saung bambu dengan konsep lesehan.

Di komponen depan Kampung Daun, terdapat pelbagai jajanan zaman dulu, antara lain dodol, gulali, dan kembang gula. Kecuali itu, ada pameran permainan tradisional yang akan mengingatkan Anda pada masa kecil era 90-an. Seandainya mau membeli oleh-oleh khas Bandung, Anda dapat mengunjungi galeri suvenir.

Menu yang disuguhkan di daerah liburan masakan Bandung ini cukup pelbagai, antara lain kuliner khas Indonesia, western, Italia, dan aneka makanan ringan. Penyajian makanan dikerjakan dengan dua metode, ialah modern dan tradisional. Harga kulinernya juga cukup relatif murah, mulai dari Rp8.000 saja. Anda dapat menyambangi daerah masakan Bandung ini dari pukul 11.00 hingga 23.00 waktu setempat.

3. Raja Rasa

raja rasa

Anda suka kuliner Sunda dan Seafood? Bertandang ke Raja Rasa ialah alternatif ideal. Pasalnya, resto ini menawarkan aneka makanan khas Sunda dan ikan laut yang diolah dengan bumbu khas Bali.

Sebagian menu unggulan yang dapat dirasakan antara lain gurami bakar Jimbaran, nasi timbel, nasi ulam, ayam bakar, camilan tahu berbumbu, udang saus keraton, dan kepiting asam pedas. Seandainya tak berharap ribet, Anda dapat memilih menu paket. Tersedia dua macam menu paket, ialah paket 4 orang dan paket personal. Paket ini berisi nasi komplit dengan lauknya. Kecuali itu, tersaji minuman ala Bandung, seperti es cincau dan Fresh Raja Rasa.

Kafe yang terletak di Tak Setra Ria ini mempunyai desain interior tradisional Sunda dan Jepang serta terdiri dari dua lantai dengan konsep berbeda. Lantai satu dirancang klasik, meski di tingkat kedua menyuguhkan daerah makan ala Jepang. Ruangan hal yang demikian didominasi furnitur kayu dan dekorasi bambu.

4. Maja House

maja house

Berada di lantai atas Hotel Stevie G, Maja House menawarkan panorama Kota Bandung yang cantik. Anda dapat memilih daerah makan di tempat duduk atau di atas day bed yang tersedia. Day bed ialah bale beralas kasur busa. Di bale ini terdapat meja untuk menyimpan makanan. Tidak cuma itu, live music bahkan akan disuguhkan untuk mengantar Anda ketika bersantap.

Soal kelezatan masakan Bandung, Maja House jagonya. Sebagian menu andalan yang rasanya ideal di lidah antara lain bermacam macam pizza, salad, steak, pasta, dan spaghetti. Di samping itu, Anda juga dapat mencicipi kuliner nusantara, seperti semisal sop buntut dan iga bakar. Untuk mengobati dahaga, Anda dapat mencoba Signature Apple Mojito yang menawarkan kesejukan rasa apel dipadukan dengan soda. Aneka masakan hal yang demikian dibanderol mulai harga Rp32.000 saja.

Untuk menuju restoran mewah ini, Anda sepatutnya menjelang wilayah Hotel Stevia G di Tak Sersan Bajuri, Lembang. Masuk ke sana tergolong gampang apabila berangkat dari arah Stasiun Bandung. Waktu tempuhnya kurang lebih 30 menit dengan berkendara.

5. Atmosphere Resort Restoran

atmosphere resort restoran

Atmosphere Resort Restoran ialah resto bergaya Bali dan Sunda yang bertempat di jantung Kota Bandung. Terletak cuma 15 menit dari alun-alun, daerah liburan masakan Bandung ini acap kali dikunjungi pelancong dari bermacam kota. Konsep bersantap di saung dan gazebo ialah fasilitas istimewa yang susah Anda nikmati di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Anda tak perlu kuatir kehabisan daerah makan sebab restoran ini cakap menampung lebih dari 600 orang sekalian.

Harga makanan dan minuman di restoran Atmosphere cukup relatif murah. Untuk makanan utama, harganya mulai dari Rp50.000 saja. Sementara harga makanan penutup mulai dari Rp20.000. Tak tertinggal, aneka jus, es krim, dan coklat dikenalkan dengan rasa yang khas. Seandainya tak berharap ribet, Anda dapat mengorder paket masakan Bandung yang terdiri dari lima macam kuliner. Cukup dengan membayar Rp40.000 hingga Rp70.000, paket hal yang demikian telah bisa dicicipi.

Menariknya, Atmosphere Restoran juga menyuguhkan layar kaca raksasa untuk acara menonton bersama. Seandainya memerlukan jalan masuk dunia online kencang, Anda dapat memanfaatkan jaringan nirkabel secara free.

6. Bumbu Desa

bumbu desa

Berawal dari rasa cinta kepada kuliner nusantara, resto Bumbu Desa dihadirkan untuk mengobati kerinduan pada kampung halaman. Jenis makanan khas Sunda dikemas secara apik dalam konsep kekinian. Bermacam-macam ragam masakan Bandung berbahan ikan dan udang tersaji dengan kelezatan total.

Sayur asam dan ikan gurami cobek ialah salah satu menu unggulan di Bumbu Desa. Ada pula ayam goreng laos, ayam goreng bumbu kecap, dan karedok yang dihidangkan dengan gaya pedesaan. Seandainya Anda penggemar ikan dan udang, tersedia sebagian menu alternatif, antara lain pepes ikan mas, kere ikan mas, udang songkok, dan cumi goreng. Sebagai pelepas dahaga, segelas es cendol dan es kelapa dapat diorder dengan harga murah meriah.

Kafe Bumbu Desa bisa Anda dapatkan di Tak Laswi, Pasir Kaliki, dan Rumah Mode Tak Setiabudi. Tidak cuma makanan dan minuman utama saja yang dapat dirasakan. Di daerah masakan Bandung ini juga tersaji aneka camilan renyah dan lezat dengan cita rasa tradisional. Kerennya, resto etnik ini mempunyai 30 cabang di segala Indonesia, Singapura, dan Malaysia lho.

7. Bale Gazebo

bale gazebo

Seandainya Anda mampir ke Gedung Sate Bandung, sempatkan juga untuk makan di Bale Gazebo. Kafe modern ini menyampaikan pelbagai kuliner Sunda, dan sedangkan terletak di sentra kota Bandung, desain interiornya dibalut dengan gaya tradisional Indonesia. Malah makan di sini dihasilkan lesehan dengan meja berbahan kayu. Makanan bahkan dihidangkan memakai tampah, daun pisang, atau di wadah anyaman bambu sehingga akan sungguh-sungguh terasa sekali suasana tradisionalnya.

Bagi penggemar nasi timbel dan tutug oncom, daerah liburan masakan Bandung ini menyediakan kemasan dalam daun pisang dengan lauk komplit berbumbu khas Sunda. Kecuali itu, terdapat menu nasi liwet kastrol, aneka olahan gurami, dan sayuran yang menyegarkan. Untuk variasi olahan nasi, tersedia tiga alternatif, ialah komplet, polos, dan spesial.

Anda tak perlu merogoh kantong terlalu dalam ketika bersantap di Bale Gazeebo. Harga makanannya mulai dari harga Rp6.500 hingga dengan Rp40.000 per porsi. Tak, menu nasi timbel spesial ditawarkan dengan harga Rp38.500 saja untuk satu porsi.

8. Yoghurt Cisangkuy

yoghurt cisangkuy

Lokasinya Bandung tak cuma urusan makanan. Yoghurt Cisangkuy ialah salah satu masakan Bandung dalam wujud minuman unik. Tak sedikit yang datang ke Bandung untuk memburu minuman legendaris ini. Konon, semenjak tahun 1976, Yoghurt Cisangkuy memang telah sukses menjadi pelepas dahaga andalan. Rasanya tak asam, tapi manis dan segar. Anda dapat menemukan daerah masakan Bandung ini di Tak Cisangkuy, Bandung.

Cuma strategis, nyaman, dan mempunyai fasilitas komplit. Malah parkir di sana juga cukup luas sehingga Anda tak perlu berempet-empetan ketika memarkirkan kendaraan. Ada sebuah taman memrentang di dalam restoran yang dilengkapi dengan bermacam sarana bermain, seperti becak kecil dan kuda. Tetapi dan meja restoran juga tersusun rapi dengan payung berbentuk joglo.

Tak dengan mengeluarkan uang Rp20.000, Anda telah dapat meneguk segelas yoghurt sedap pujian Bandung. Potongan buah dan sirop di dalam yoghurt akan memberikan sensasi rasa yang berbeda. Anda dapat memilih dari banyak varian rasa yang ada, seperti semisal anggur, stoberi, apel, dan leci. Ada pula rasa coklat yang akan membikin lidah tak dapat stop mengecap manisnya.

9. Nasi Kalong

nasi kalong

Butuh makanan dikala menginjak tengah malam? Kedai nasi kalong siap melayani kebutuhan bersantap Anda. Namanya memang menakutkan, melainkan isinya sungguh-sungguh menggiurkan. Lokasinya Bandung yang satu ini mulai beroperasi pada malam hari, mulai pukul 19.00.

Tampilan nasi yang dikenalkan berwarna hitam seperti badan kelelawar. Itulah sebabnya, makanan ini disebut nasi kalong. Rasanya gurih, pulen, dan bikin ketagihan. Umumnya, Anda sepatutnya rela mengantri apabila mau mencicipi keunikan rasa nasi kalong yang sudah sukses menjadi salah satu daerah masakan malam terpopuler di Bandung. Pasalnya, banyak pengunjung yang berdatangan ke daerah makan malam ini. Tak jarang, tempat duduk-tempat duduk di kedai ini penuh sempurna dipadati penikmatnya. Tak, antriannya dapat hingga keluar zona makan.

Resto, nasi kalong dikenalkan bersama dengan buncis mentah. Untuk lauknya, Anda bebas memilih yang disukai, semisal, ayam goreng, tempura udang, dendeng ayam, rolade daging, saos pedas goreng ati, dan masih banyak lagi alternatif menu sedap lainnya yang dihidangkan secara prasmanan. Kurang lebih tersedia 20 ragam kuliner dengan harga mulai dari Rp15.000 sampai Rp35.000 per porsi.

10. The Peak

the peak

Bersantap sambil merasakan pemandangan pegunungan dan perbukitan, ialah salah satu metode baik untuk melepaskan penat pengaruh padatnya profesi atau tugas kuliah yang memusingkan. The Peak ialah daerah masakan Bandung yang memenuhi kriteria hal yang demikian. Dengan sajian kuliner nusantara dan mancanegara, resto di atas bukit ini menjadikan suasana makan yang komplet, apalagi apabila berkunjung ke sana ketika malam hari, Anda dapat menyaksikan samudera lampu kota Bandung dari ketinggian.

Kurang lebih ada 7 macam alternatif menu makanan di resto The Peak. Menu ini terdiri dari Appetizer, Special Dessert, Flambe, Kid’s Menu, Healthy Menu, Traditional, dan Pancake. Khusus menu kuliner tradisional, cuma dihidangkan ketika akhir minggu. Nah, bagi Anda yang membawa buah hati-buah hati, Kid’s Menu ialah alternatif yang paling pantas.

Resto makan malam romantis? Anda dapat mengorder daerah di lantai tiga. Sky private dinning room, begitulah orang menyebutnya. Dari sini, panorama Kota Bandung dan pegunungan yang melingkarinya menonjol terang. Umumnya, untuk merasakan sensasi masakan di resto The Peak, Anda sepatutnya merogoh kantong cukup dalam lho.

11. Lisung Restoran

lisung restoran

Berada di dataran tinggi Dago, Lisung Restoran menawarkan sejumlah fasilitas bersantap yang unik. Sebagian jauh dari keramaian sehingga tercipta suasana tenang dan hening. Desain interior restoran tergolong simpel dengan 30 meja makan berbahan kayu. Lantai dan dinding resto ini terbuat dari bahan kayu, berwarna coklat, dan terdapat ukiran minimalis.

Dikala malam hari, panorama lautan lampu menjadi obyek paling menarik di Umumnya Lisung. Sebagian meja sengaja ditempatkan di tepi balkon agar pengunjung bisa mengamati pemandangan cantik. Kecuali di lantai paling dasar, terdapat taman dengan hamparan rumput hijau. Resto, ada pertunjukan live music di taman hal yang demikian.

Lisung Restoran mempunyai enam menu andalan, ialah Nasi Panggang Lisung, Nasi Panggang Koempeni, Sop Buntut Bakar, Green Day, Stone Roses, dan Lisung Breeze. Keenam menu ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp38.000 per porsi. Ada pula hidangan mi tek-tek dan omelet yang tenar kelezatannya. Kecuali enam menu utama, bentang harganya sekitar Rp50.000 hingga dengan Rp70.000.

12. Batagor Hanjuang

batagor hanjuang

Batagor ialah masakan khas Bandung yang terdiri dari bakso dan tahu goreng. Camilan ini tersebar hampir di segala penjuru Kota Bandung. Umumnya, Batagor Hanjuang ialah yang paling tenar & acap kali didatangi pembeli.

Tak sedikit yang mengatakan bahwa rasa ikan tenggirinya ideal di lidah. Adonan bumbu kacangnya juga sungguh-sungguh total, gurih, dan sedikit pedas. Kecuali itu, batagor ini tak mengandung banyak minyak.

Batagor Hanjuang dapat Anda dapatkan di Tak Astina. Tepatnya, terletak di belakang Istana Plaza. Batagor ini dipasarkan di dalam gerobak kaki lima. Harganya murah dengan mutu yang tak murahan. Cuma bahkan asyik untuk bersantai atau kongko bersama sahabat-sahabat.

13. Kupat Durian Gempol

kupat durian gempol

Pernah mendengar kupat tahu gempol? Kupat tahu gempol ialah salah satu masakan khas Bandung yang beroperasi semenjak tahun 1965. Kudapan ini dipasarkan di wilayah Pasar Gempol Kota Bandung. Resto, penjaja kupat menggelar dagangannya tiap-tiap pagi hari. Durian penyajiannya masih mempertahankan gaya tradisional, kupat tahu gempol menawarkan kelezatan tiada tara.

Kupat tahu gempol berisi potongan tahu kuning yang digoreng separo matang dengan penambahan kecambah rebus dan irisan ketupat. Kemudian, makanan hal yang demikian disiram saus saos pedas kacang dan ditaburi keripik udang. Rasanya? Jangan ditanya lagi, tentu saja sungguh-sungguh sedap, manis, gurih, dan menyatu dengan total di lidah.

Anda cuma perlu membayar Rp12.000 saja untuk merasakan satu porsi kupat tahu gempol. Resto dimakan di daerah atau dibawa pulang, biayanya sama saja. Seandainya mau makan di sana, sebaiknya datang lebih permulaan. Pasalnya, semenjak pukul enam pagi, pembeli telah mulai berdatangan untuk mengantri di kedai masakan kupat tahu gempol ini.

14. Es Kuliner Pak Aip

es kuliner pak aip

Soal rasa, buah duren memang nomor satu, apalagi apabila diolah menjadi minuman segar sejenis es. Durian munculnya es duren tak lain ialah Es Kuliner Pak Aip. Kuliner tahun 1987, Es Kuliner Pak Aip senantiasa laris manis. Lokasinya Bandung yang satu ini terletak di Tak Ahmad Yani dan Tubagus Ismail.

Es Kuliner Pak Aip berisi butiran daging buah duren utuh, es serut, dan pemanis tambahan. Sebagian ragam pemanis tambahan yang disediakan antara lain susu kental manis, coklat, dan gula merah. Rasa es duren ala Pak Aip ini berbeda dari yang lainnya sebab daging buahnya terasa lebih manis dan lembut ketika dilahap.

Untuk merasakan segelas es duren di daerah liburan masakan di Bandung ini, Anda tak perlu membayar mahal. Cukup mengeluarkan uang sekitar Rp15.000 sampai Rp18.000 per porsi. Tinggal pilih ragam yang disukai, seperti semisal ditambahkan es krim, strawberry, dan gula merah.

15. Bebek Ali Borromeus

bebek ali borromeus

Bebek Ali Borromeus berlokasi di Tak Hassanudin, Kota Bandung. Lokasinya Bandung ini dipasarkan di kedai kaki lima dengan 75 meja makan. Hampir tiap-tiap hari, orang-orang berduyun-duyun menyambangi sentra kudapan lezat ini. Rasa daging bebek yang sedap, empuk, dan bebas wangi-wangian anyir, ialah ciri khas Bebek Ali Borromeus.

Bebek Ali Borromeus mulai buka pada pukul 17.00 hingga 19.00 WIB. Resto, sebelum pukul tujuh, stok kuliner ini telah ludes dibeli pelanggan. Bebek Ali dikenalkan bersama sepiring nasi, saos pedas, dan lalapan. Bumbu masakannya sungguh-sungguh ideal di lidah sehingga membikin ketagihan.

Untuk menikmati kelezatan Bebek Ali Borromeus, Anda sepatutnya mengeluarkan uang sebesar Rp15.000 per porsi. Memang dapat dibilang mahal apabila dibandingi dengan yang lain, melainkan cita rasanya berimbang dengan kuliner di hotel bintang lima lho. Seandainya mau mencicipi menu lain, Anda dapat mengorder ayam goreng, burung dara, atau pecel lele. Tunggu apalagi? Daerah datang ke daerah liburan masakan di Bandung yang satu ini!

16. Nasi Cikur Kios Inul

nasi cikur kios inul

Nasi cikur ialah kuliner khas Sunda yang dihasilkan dengan metode digoreng, lalu dicampur dengan kencur muda. Rasanya renyah, berbau harum, dan sedikit getir. Umumnya apabila dikombinasikan dengan telor dadar, daging ayam, serundeng, dan acar, cita rasanya menjadi sungguh-sungguh lezat. Anda bahkan dapat menambahkan irisan cabai dan kerupuk tempe supaya selera bersantap kian meningkat.

Kios Inul ialah salah satu daerah yang menawarkan menu nasi cikur. Kios ini berlokasi di dataran tinggi Dago. Resto, mulai beroperasi pada pukul tujuh pagi sampai jam sembilan malam. Bila kudapan hal yang demikian tak pernah sepi. Pasalnya, penyajian nasi cikur di sana tergolong menarik, ialah dengan dipadukan tumis sayur, ayam goreng, lalapan, dan saos pedas pedas.

Sedangkan makan di Kios Inul berkonsep tradisional. Meja dan bangkunya terbuat dari kayu, dengan sebagian lokasi bersantap didesain lesehan dalam saung bambu. Tak jauh dari saung itu, terdapat fasilitas biasa, seperti musala dan WC. Nah, bagi yang suka camilan roti, dapat mencicipi kudapan manis balok dengan selai stroberi di sini.

17. Rumah Sosis

rumah sosis

Motto eat, swim, play terpampang di pintu masuk Rumah Sosis. Seperti namanya, daerah liburan masakan di Bandung ini menghidangkan pelbagai makanan berbahan dasar sosis. Kurang lebih ada 70 macam menu yang ditawarkan, dengan yang paling populer antara lain sosis keju, sosis barbeque, bockwurst, beef garlic, dan sosis crispy.

Seandainya mau membawa pulang atau membeli sosis sebagai oleh-oleh khas Bandung, Rumah Sosis mempunyai sebuah menu andalan, ialah sosis beku yang dipasarkan dengan harga antara Rp50.000 hingga Rp70.000 per bungkus. Kecuali itu, ada juga bakso, udang, dan mi organik yang telah dibekukan. Seandainya mau menikmati lezatnya es krim, Anda cuma dapat menyantapnya seketika di Rumah Sosis.

Durian harganya dapat dibilang termasuk cukup mahal, Rumah Sosis tak pernah sepi dari pengunjung. Pasalnya, resto ini tak cuma berfungsi sebagai daerah masakan Bandung saja, melainkan juga menyediakan fasilitas rekreasi yang pantas untuk liburan keluarga di Bandung, ialah kolam renang dan zona bermain. Segala pengunjung dapat merasakan segala fasilitasnya dengan membayar karcis masuk seharga Rp3.000 per orang.

18. Kopi Ireng

kopi ireng

Kopi Ireng ialah daerah liburan masakan Bandung yang menawarkan racikan kopi ala Karneli Sadikin yang telah tenar di antara para pecinta kopi. Minuman kopi buatannya mempunyai rasa dan wangi-wangian yang khas.

Kopi Ireng menyuguhkan konsep minum kopi di rumah joglo dengan panorama kota Bandung. Toko letaknya yang berada di perbukitan, udara di wilayah ini sangatlah adem. Kecuali adem, kesan romantis dan artistik juga akan dinikmati pengunjung ketika merasakan secangkir kopi hangat pada malam hari. Untuk memuaskan impian para pecinta kopi, Kopi Ireng bahkan menambah sejumlah menu baru, salah satunya ialah kopi luwak.

Kopi luwak berasal dari biji kopi yang keluar dari kotoran musang. Toko yang membedakan antara kopi luwak dan kopi awam ialah kulit bijinya. Biji kopi luwak tak ada kulitnya, sementara biji kopi pada biasanya masih dilapisi kulit berwarna merah. Kopi ini rasanya sangatlah lezat dan sedap, apalagi apabila racikannya ditangani oleh seorang pakar kopi seperti Karneli Sadikin.

19. Kios Bu Eha

kios bu eha

Inilah toko legendaris yang telah tenar di Indonesia semenjak tahun 1947. Orang menyebutnya, Kios Bu Eha. Sedangkan makan ini menjadi saksi bisu momen Agresi Militer Belanda yang nyaris melumpuhkan Indonesia. Durian sempat gulung tikar pada tahun 1948, sekarang Kios Bu Eha kembali mengibarkan kiprahnya.

Kios Bu Eha yang identik dengan kuliner Sunda diturunkan secara turun-temurun dari generasi sebelumnya. Di daerah masakan Bandung yang satu ini, Anda bisa merasakan pelbagai pepesan, soto Bandung, aneka olahan ayam, ikan, urap, dan sayur kepala kakap. Seandainya mau menyantap makanan di daerah, Kios Bu Eha menyiapkan 24 meja simpel.

Makan di Kios Bu Eha tak akan membikin kantong kosong. Justru, harganya sungguh-sungguh relatif murah. Tetapi makan untuk tiga orang, kaprah-kaprah akan menghabiskan uang seratus ribu Rupiah. Jadi, seandainya cuma satu orang, Anda cukup menyediakan uang 30-40 ribu Rupiah. Toko, kan?

20. Kios Sitinggil

kios sitinggil

Berkeinginan bertamasya masakan di ketinggian? Anda sepatutnya mencoba berkunjung ke Kios Sitinggil. Sedangkan makan ini berada di Tak Dago, di atas sebuah bukit. Dengan mengangkat tema etnik, Kios Sitinggil menghadirkan desain interior berbahan kayu dan bambu. Atap rumah makan hal yang demikian berbentuk badak menguap atau badak heuay sehingga menonjol unik dan artistik.

Durian jauh dari konsep resto modern, Kios Sitinggil menjadi lokasi masakan Bandung yang ideal untuk menerima ketenangan sambil menyantap pelbagai makanan lezat. Jangan terkejut apabila tak ada sinyal jaringan nirkabel sebab memang belum tersedia di sini. Umumnya, cobalah sebentar merasakan bunyi binatang di alam disertai tiupan angin yang lembut. Pasti, Anda akan menikmati sensasi bersantap yang istimewa.

Kios Sitinggil menyuguhkan bermacam ragam menu yang terdiri dari kuliner lokal dan mancanegara. Nasi timbel, bubur ayam, dan sop buntut ialah teladan makanan khas nusantara yang dapat Anda cicipi. Kecuali itu, ada minuman segar berupa yoghurt, aneka es, variasi kopi, dan teh hangat. Segala itu dibanderol dengan harga ramah kantong, mulai dari Rp10.000 saja.

21. Kios Misbar

kios misbar

Dari luar, bangunan yang berdiri di Tak RE. Martadinata ini seperti gedung bioskop. Kecuali di dinding atas terdapat poster film tempo dahulu. Ditambah lagi, pintu masuk yang mirip daerah pembelian karcis di bioskop. Umumnya, siapa sangka, komponen dalamnya dipenuhi meja makan dan aneka menu kuliner. Sedangkan ini tak lain ialah Kios Misbar.

Anda benar apabila menyangka di toko ini terdapat layar untuk menayangkan film. Resto, pengunjung disuguhi film-film era 80-an, seperti Ketika DKI dan sinema musikal Rhoma Resto. Sambil menonton tayangan layar tancap, Anda dapat mengorder sejumlah makanan dan minuman.

Semur telor, terong Medan balado, dan semur jengkol ialah sebagian teladan menu andalan Kios Misbar. Harganya murah meriah, cuma sekitar Rp5.000 sampai Rp9.000 per porsi. Makanan paling mahal di toko ini ditawarkan dengan harga 30 ribuan saja. Itulah sebabnya, Kios Misbar senantiasa ramai didatangi pembeli.

22. Surabi Waroeng Setiabudi

surabi waroeng setiabudi

Terletak di Tak Setiabudhi, Surabi Waroeng Setiabudhi menawarkan masakan Bandung yang murah dan sedap. Sedangkan makannya sungguh-sungguh nyaman dengan deretan tempat duduk berbahan kayu jati. Desain interiornya bergaya etnik dengan dibalut sentuhan modern sehingga ruangannya menonjol lega dan luas.

Umumnya Surabi terdiri dari dua komponen utama, ialah lantai atas dan lantai bawah. Anda dapat merasakan alunan musik live apabila bersantap di lantai bawah. Sementara, di lantai atas tersedia daerah ibadah untuk melengkapi kenyamanan pengunjung Surabi Waroeng. Resto, daerah liburan masakan di Bandung yang satu ini akan mulai ramai dikala menjelang pukul 14.00 WIB. Dikala itu, pengunjung telah mulai berbondong-bondong membeli surabi.

Menu surabi ialah sajian khas daerah masakan Bandung ini. Bahan dasar surabi berasal dari tepung beras dan dikenalkan bersama lumuran atau topping fla duren, jus mangga, atau campuran telor. Banyak pengunjung yang ketagihan menyantap makanan ini sebab rasanya gurih, manis, dan sedikit asin. Di daerah makan ini ada kurang lebih 52 macam surabi yang dapat dirasakan, lumayan banyak ya?

23. Roemah Nenek Tuhan Restoran

roemah nenek tuhan restoran

Rumah makan bergaya klasik ini berlokasi di Tak Taman Cibeunying Selatan. Tak hingga di depan pintu, Anda akan disambut foto seorang wanita muda ditambah dengan dekorasi benda-benda kuno yang antik.

Di Roemah Nenek Tuhan Restoran, Anda dapat merasakan kuliner khas Italia, China, dan bermacam macam kuliner Asia lainnya. Ada juga menu western dan aneka kopi dengan olahan istimewa. Harga makanan di daerah masakan Bandung ini cukup relatif murah, Anda telah bisa mencicipi satu porsi masakan ala Roemah Nenek dengan harga mulai dari Rp17.000 saja.

24. Kafe Kehidupan Tidak Pernah Bila

kafe kehidupan tidak pernah bila

Nama sentra masakan Bandung yang satu ini memang sungguh-sungguh unik dan gampang diingat. Kafe Kehidupan Tidak Pernah Bila, begitulah orang mengenalnya. Nama hal yang demikian berawal dari keyakinan pemiliknya yang meyakini bahwa kehidupan akan terus berlanjut sedangkan manusia sudah berpulang ke sisi   Mahakuasa. Seandainya penasaran dengan tampilannya, Anda dapat seketika bertandang ke Tak Pajajaran.

Kafe Kehidupan Tidak Pernah Bila menghidangkan pelbagai kuliner berbahan sayuran dan cuma sedikit makanan yang berbahan daging, itu bahkan berasal dari daging ikan atau ayam saja. Toko banyaknya kuliner berbahan sayuran, resto ini sangatlah disarankan untuk vegetarian. Kurang lebih ada 18 ragam sayuran yang dikenalkan secara terjadwal  di resto ini.

Harga masakan di resto hal yang demikian cukup murah meriah, mulai dari Rp7.000 per porsi saja. Seandainya mau lebih hemat, Anda dapat memilih paket makanan atau menu ala carte.  menunya antara lain nasi timbel, spaghetti, mi goreng, dan masih banyak lagi. Sebagai pengobat dahaga, cobalah mencicipi manisnya jus atau susu kedelai kental.

25. Miss Bee Providore

miss bee providore

Anda mencari resto yang ramah keluarga? Miss Bee Providore ialah alternatif ideal untuk bersantai sambil bersantap bersama keluarga di Bandung. Dengan fasilitas taman dan zona bermain, daerah masakan Bandung ini menghadirkan daerah makan modern yang dirapikan secara apik sehingga pengunjung akan merasa nyaman ketika merasakan aneka makanan yang dikenalkan.

Aneka makanan yang disediakan antara lain Egg Benedicts, Salmon Spinach Lasagna, dan Batella Stuffed French Toast. Kelezatan pizza dan pasta yang ditawarkan juga tiada duanya. Isinya padat dengan sensasi rasa tidak terlupakan.

Seandainya mengharapkan ruangan pribadi, restoran ini juga menyediakan private room. Anda dapat mengordernya untuk energi tampung 10-15 orang. Umumnya, untuk bisa mengorder ruangan khusus, Anda sepatutnya mengorder makanan dan minuman senilai 2 jutaan Rupiah. ?
Share:

No comments:

Post a Comment

Labels

Recent Posts

Pages