Berita Travel - Menikmati Sajian Afrika di Jakarta Berikut Lokasinya

Berita Travel - Menikmati Sajian Afrika di Jakarta Berikut Lokasinya - Saat ini, tidak susah menjumpai makanan ciri khas mancanegara di Jakarta. Beberapa pemburu kuliner dapat dengan gampang memakan sajian ala negeri luar di mal paling dekat atau di pusat belanja. 

Tetapi di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Anda dapat mencicip makanan ciri khas Afrika yang letaknya di tepi jalan. Merupakan Ayam Afrika, kedai minimalis penjual macam makanan "benua hitam". 

Ayam Afrika menyuguhkan beberapa menu goreng, seperti ayam goreng, ikan kerapu goreng, juga kambing goreng. Semua dibikin dengan resep Afrika.

Travelcapsa berpeluang menjajal menu ayam goreng. Perasaan ayamnya termasuk umum seperti ayam goreng rumahan atau pecel lele di pinggir jalan. Tetapi, bedanya dapat Anda lihat saat pelayan menjual hidangannya di meja makan. 

Potongan ayam ditimbun oleh potongan bawang putih goreng yang ukurannya lumayan besar, lalu dibumbui garam. Akhirnya bawang terasa gurih, tetapi teksturnya kenyal serta dikit lembab. 

ayam goreng khas Afrika
Menu ayam goreng ciri khas Afrika di kedai Ayam Afrika, Kebon Sirih, Jakarta Pusat


Samidin, pemilik kedai Ayam Afrika dikit merubah resep asli dari Afrika untuk sesuaikan hasrat orang Indonesia saat memakan panganan goreng bersama dengan bahan dapur, terutamanya bawang putih. 

“Aslinya orang Afrika lebih senang fresh union, tetapi di sini kita goreng sebab orang Indonesia sukanya digoreng,” katanya. 

Walau demikian, panganan ini masih mempunyai cita perasaan Indonesia karena menggunakan sambal terasi. Komplet dengan bumbu kacang yang disaji terpisah pada satu mangkok kecil. 

Samidin pertama-tama mencetus ide ingin jual makanan ini dari beberapa wisatawan asal Afrika yang bertandang di Jalan Jaksa seputar 15 tahun kemarin sebelum pada akhirnya meniti kedai bersama dengan keluarga. 

Samidin menjelaskan, dahulu 90 % pelanggannya ialah turis asal Afrika. Sampai sekarang pun ada banyak wisatawan asing yang makan di kedai Ayam Afrikanya, tapi frekuensinya tidak sekitar dahulu. 

Bila tertarik menjajal makanan ini, Anda butuh melipir di Jalan Kebon Sirih Timur. Jaraknya tidak begitu jauh dasri Stasiun Gondangdia, cuma seputar 10 menit jalan kaki. 

Ayam goreng di Ayam Afrika dibandrol cukuplah dapat dijangkau, cuma Rp 18.000 per porsinya, telah dengan nasi. Sesaat kambing goreng di jual Rp 50.000 per bagian serta ikan kakap merah di jual Rp 60.000 tiap-tiap 60 ons.

Share:

No comments:

Post a Comment

Labels

Recent Posts

Pages